HOME ABOUT US ANALISIS CONTACT



A
N
A
L
I
S
I
S
Ir.Lindur Siburian, ANZIIF, AAAIK
Risk Management & Financial

Consultant


Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar Capai Titik Terendah

Rupiah menguat hingga mencapai level tertinggi yaitu Rp 14.400.  Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS masih terus menguat. Ini terlihat dari mulai lengsernya dolar AS ke posisi Rp 14.400-an


Rupiah menguat hingga mencapai level tertinggi yaitu Rp 14.400.  Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS masih terus menguat. Ini terlihat dari mulai lengsernya dolar AS ke posisi Rp 14.400-an. 

Mengutip data reuters, nilai dolar AS sempat menyentuh posisi terendah yakni Rp 14.439 pada pukul 14.01 WIB. Dolar AS memang terus bergerak tertinggi hari ini tercatat di level Rp 14.665. 

Setelah sempat melemah hingga menyentuh level 15.200 per Dolar AS, kini nilai tukar rupiah mulai menguat dan meyakinkan.

Penguatan  mata uang Garuda didorong pasar yang mulai melihat rupiah under value atau murah di bawah harga wajar. Hal ini membuat pasar tertarik mengoleksi rupiah dan menanamkan investasinya.

Hal yang berbeda Rupiah Lanjutkan Penguatan, IHSG Justru Melemah 14,53 Poin
Terus Menguat, Rupiah Sempat Sentuh 14.695 per Dolar AS’. 

Ada beberapa alasan fundamental penguatan Rupiah. Salah satu penyebabnya itu, market akhirnya melihat bahwa rupiah kita itu sudah under value.  Pendapat ini dibenarkan oleh beberapa investmen bank sehingga market termasuk modal asing mulai masuk.

Walau demikian, dalam situasi seperti ini tak bisa memastikan kondisi ini akan berlangsung sementara atau jangka panjang. Sebab gonjang-ganjing ekonomi global masih terus berlangsung seperti perang dagang dan normalisasi kebijakan Amerika Serikat.

Amerika Serikat hingga kini masih akan menaikkan tingkat bunga dan serta variabel lainnya.  Satu hal yang terlihat bahwa market itu menganggap rupiah itu sudah terlalu murah.

Selain itu peranan pemerintah sangat diperlukan untuk terus menjaga momentum penguatan rupiah. Salah satunya menjalankan kebijakan yang telah ada dan mengkaji kebijakan baru tentunya secara prudent. 



LAINNYA TERKINI

CONTACT
Jakarta, Indonesia
Email: info@triptoba.com