HOME ABOUT US ANALISIS CONTACT



A
N
A
L
I
S
I
S
Ir.Lindur Siburian, ANZIIF, AAAIK
Risk Management & Financial

Consultant


Trend Ekspektasi Konsumen dalam Memilih Asuransi Mobil

Saat ini beragam jenis asuransi mobil di pasar, mulai dari TLO hingga paket All Risk.  Kejelian konsumen dalam memilih asuransi yang fokus pada layanan bengkel terbaik.


Siapa tidak kenal dengan Mobil. Kebanyakan orang pasti selalu bermimpi untuk memiliki benda ajaib yang satu ini. Bagaimana tidak, mobil telah menjadi kebutuhan utama umat manusia dalam melangsungkan aktivitasnya.  Bagi anda yang sering bepergian, maka mobil tentu tidak bisa lepas dari aktivitas anda. Mobil juga sangat mempengaruhi perilaku dan gaya hidup masyarakat pada umumnya. Tengok saja, gara-gara mobil lepas dari tangan, maka pacar juga bisa lepas. 

Meningkatnya populasi pengguna mobil, juga sangat mempengaruhi tatanan perkotaan pada umumnya.  Hal ini bisa dilihat dari penataan ruas jalan di kota besar akibat macet dimana-mana. Selain itu, faktor padatnya volume kendaraan akan berdampak pada makin tingginya volume kecelakaan setiap tahun.  Yang menjadi pertanyaan adalah apakah makin tingginya angka kecelakaan juga diimbangi dengan meningkatnya permintaan terhadap produk asuransi.  Statistik menunjukkan hal yang berbeda.  Kurangnya kepercayaan dan resistansi terhadap produk asuransi secara umum menjadi penghalang terhadap pertumbuhan produksi asuransi kendaraan bermotor tersebut.  Disamping itu pada umumnya perusahaan asuransi kurang proaktif dalam menciptakan produk asuransi kendaraan bermotor sesuai selera konsumen.  Memang kepuasan utama yang diperoleh konsumen dengan membeli asuransi adalah adanya kepuasan finansial security yang diperoleh karena menindahkan resiko keperusahaan asuransi.  

Ada beberapa alasan konsumen sehingga menganggap pentingnya mengasuransikan mobil.  Pertama adalah agar aman dari resiko kehilangan, kecelakaan atau tabrakan. Kedua adalah sebagai kewajiban dari pihak bank atau finance company yang memberikan kredit dalam pembelian mobil.  Dengan dua alasan pokok tadi, maka anda sebagai konsumen tentunya akan lebih jeli dalam mempertimbangkan dan melihat perusahaan dan produk asuransi mana yang sebaiknya anda gunakan.  Dalam memilih produk asuransi, maka tentu masing-masing orang memiliki pertimbangan yang beragam, yang walaupun secara umum ekspektasi yang diharapkan akan sama.  Beberapa diantaranya adalah menyangkut image perusahaan, kualitas layanan, penanganan klaim, fasilitas yang dimiliki dan terakhir adalah harga.  Image perusahaan terkait dengan kebonafidan  perusahaan asuransi, besar kecilnya perusahaan serta pengalaman dan kepercayaan pada perusahaan tersebut.  Sedangkan atribut yang terkait dengan layanan antara lain prosedur pengurusan yang mudah, memiliki banyak cabang dan jaringan, keramahan karyawan atau petugas asuransi dan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban sesuai yang dijanjikan. Dalam masalah klaim, hal yang paling diinginkan oleh konsumen adalah adanya penanganan klaim yang mudah serta responsif pada setiap masalah dalam pengurusan klaim.  Adapun atribut terakhir adalah masalah harga, yang mana konsumen mengharapkan harga yang relative murah.

Berdasarkan hasil riset yang pernah dilakukan oleh Knowledge Center, diperoleh bahwa faktor layanan, image perusahaan dan fasilitas yang dimiliki perusahaan memegang peranan paling penting bagi konsumen dalam memilih perusahaan asuransi.  Sedangkan faktor harga menjadi pilihan terakhir.Hal ini sangat memungkinkan karena image perusahaan asuransi beberapa tahun terakhir ini yang kurang baik, sehingga konsumen selalu memiliki ekpektasi yang tinggi terhadap image dan kualitas layanan.  Adanya ekpektasi yang tinggi pada image dan kualitas layanan akan memaksa perusahaan untuk memulai paradigma dalam strategy menjual produk asuransi mobil.  Adanya kondisi tingkat persaingan antara perusahaan asuransi serta ketidakkonsistenan dalam menjalankan imbauan dari assosiasi menjadikan persaiangan bisnis ini ada pada level intermediary.   Statistik menunjukkan bahwa hampir 40% biaya asuransi tersangkut di intermediary, sehingga sangat merugikan perusahaan asuransi dan konsumen sendiri.  

Selain ke empat atribut di atas, faktor layanan purna jual yang memadai juga memegang peranan penting bagi konsumen dalam membuat pertimbangan untuk memilih produk asuransi.  Benefit asuransi pada umumnya dinikmati ketika tertanggung telah mengalami musibah.  Trend ekpektasi konsumen dimasa depan telah mengalami perubahan, dimana benefit bisa didapatkan walaupun tidak mengalami klaim. Oleh karena itu, salah satu produk asuansi mobil yang menjadi impian bagi konsumen di masa mendatang adalah ketika konsumen bisa menikmati beragam benefit tanpa harus mengalami musibah.




LAINNYA TERKINI

CONTACT
Jakarta, Indonesia
Email: info@triptoba.com